Review Honda Brio 2020: Mobil Kepribadian

 Review Honda Brio 2020: Mobil Kepribadian

Praktis namun sangat personal, namun Honda Brio 2020 memiliki perlengkapan yang terbatas sedangkan harga mobilnya cukup tinggi. Haruskah saya membeli Honda Brio?

Tidak ada penjualan tertinggi kedua di segmen hatchback kelas A, tetapi Honda Brio dianggap sebagai model yang luar biasa dan sangat istimewa. Karena Brio memilih sendiri jalan yang terpisah dari mayoritas.


Kalau bicara mobil kecil dengan mobil kelas A, orang sering berpikir kompak dengan space terbatas, harga murah dan kepraktisan. Meski demikian, Brio tetap dalam bentuk yang kompak, namun memiliki tampilan tersendiri, tetap praktis namun memiliki kesan premium. Brio telah membuktikan bahwa pembeli dapat menonjolkan gaya dan kepribadiannya sendiri meskipun dengan mobil murah.


Namun Honda Brio tetap memiliki kekurangan. Meski sukses dari segi desain dan pengoperasian, namun di bagian perlengkapan, Brio “kalah” beberapa pesaing padahal harga jualnya cukup tinggi. Harga mobil Honda Brio bukan hanya yang tertinggi kedua di segmennya, tapi bahkan bisa disejajarkan dengan banyak model kelas B seperti Kia Soluto, Hyundai Accent, Nissan Sunny ... Lantas, apakah kekuatan Honda Brio cukup meyakinkan pembeli?

KEUNGGULAN HONDA BRIO 2020

Honda Brio 2020 merupakan generasi kedua dari model ini yang resmi diperkenalkan di Vietnam pada akhir tahun 2019 lalu. Desain dan kelengkapan masih dipertahankan pada kehidupan terbaru Honda Brio 2020.





Keunggulan Honda Brio

- Rancang kepribadian, sifatnya sendiri

- Segmen ruang paling luas

- Suspensi halus, sasis kokoh

- Pengoperasian yang mulus, akselerasi yang baik dalam kisaran kecepatan rendah

- Peredaman suara sangat dihargai di segmen ini

- Konektivitas Apple CarPlay didukung

- Penahanan harga bagus

Kontra Honda Brio

- Mahal

- Kulkas tidak dalam

- Kursi belakang melipat kedua bangku, sedikit merepotkan

- Mesin meraung kencang, kompartemen mesin kedap suara kurang baik saat mobil berakselerasi

- Kekurangan beberapa peralatan: setir kulit, jok kulit, AC otomatis, lampu belakang LED ...

-> Rahasia menghitung keuangan saat membeli mobil

PENILAIAN EKSTERIOR HONDA BRIO 2020



Seperti halnya Honda City "sesepuh", Honda Civic atau Honda Accord, model "termuda" dari Honda-Brio ini juga memiliki gaya yang sangat sporty, kuat dan maskulin. Namun, jika diperhatikan, Anda akan melihat bahwa bahasa desain Honda sering kali memiliki ketenangan, sedikit keseriusan yang oleh sebagian orang dikatakan "kuno".


Di Honda Brio 2020, kami juga bertemu itu. Sebenarnya Brio belum terlalu tua. Dibandingkan dengan kemudaan umum mobil kelas A lainnya seperti Kia Morning, Vinfast Fadil, Hyundai i10, Toyota Wigo ..., dari desain hingga bentuk dangkal khusus Brio, memberikan kesan bahwa model ini memiliki bagian yang lebih dewasa. Namun Brio tetap memiliki karakter hatchback kelas A yang rapi dan dinamis.


Selain itu, kepemilikan ukuran yang "mengerikan" di segmennya juga membuat banyak orang mengira Brio adalah hatchback kelas B, bukan kelas A.


Secara umum desain Honda Brio jauh berbeda dengan gaya umumnya para pesaingnya. Brio terasa lebih premium, lebih personal. Brio akan menjadi pilihan yang berharga bagi mereka yang membeli mobil kelas A murah tetapi ingin mencari sesuatu yang lebih bergaya, istimewa daripada mayoritas.

Desain Honda Brio



Kepala mobil

Langsung dari tampilan depan, Honda Brio 2020 memiliki tampilan yang sporty dan maskulin. Bagian depan Brio menggunakan banyak garis aksen untuk menciptakan garis yang tajam, aerodinamis, dan dalam.


Bagian depan mobil Brio memisahkan bagian atas dan bawah. Bagian atas yang menonjol dengan gril yang terhubung ke cluster lampu depan membentuk busur mulus yang eye-catching. Kisi sarang lebah dicat dengan cat hitam penuh. Ditekan di tengah oleh jari-jari hitam glossy besar dengan versi RS dan berlapis krom dengan versi G yang berjalan horizontal, mendukung logo di tengah.

-> Pilihan Harga Mobil Honda Dibawah Rp 100 Juta


Lampu depan montok tapi berduri sama, menciptakan semangat yang kuat. Honda Brio 2020 menggunakan lampu Halogen. Sulit untuk meminta cluster lampu full LED pada model mobil kelas A seperti Brio, namun meski harganya mahal, Brio tetap tidak memiliki pilihan proyektor atau menambahkan fitur pendukung modern, seperti lampu depan. otomatis… Tepi di bawah lampu depan adalah strip LED siang hari tipis yang tidak terlalu menonjol.


Bagian bawah mobil Honda Brio 2020 sedikit menambah tampilan. Desain sporty dengan rongga udara dan reses fog lamp terbuka lebar, bagian dalamnya juga menggunakan pola honeycomb. Dibandingkan dengan bagian atasnya, banyak orang yang lebih menyukai bagian ujung depan mobil Brio yang lebih rendah, "tebal" dan maskulin, tidak selembut bagian atasnya.


Desain Honda Brio 2020 memiliki banyak kemiripan dengan model generasi baru yang lumayan sukses yaitu Honda City 2020.

Badan kendaraan

Meski bagian depan mobil dangkal, namun jika dilihat dari samping Honda Brio 2020 terlihat lebih bersih, lebih dinamis, dan sesuai dengan bentuk khas hatchback kelas A. Dalam gaya sporty, bodi Honda Brio sudah dicap garis-garisnya. Tendon mengambang sangat menarik perhatian. Kaca spion Brio 2020 terintegrasi penuh dengan penyetelan elektrik, lipat elektrik, lampu indikator belok. Namun sayangnya hanya berlaku pada 2 versi high-end, warna Brio RS dan RS 2. Versi Brio G hanya memiliki penyetelan elektrik.


Ada juga perbedaan antara roda kendaraan. Honda Brio RS / RS 2 warna dilengkapi dengan laser 15 inci yang menarik dan seimbang. Sedangkan Brio G hanya menggunakan laser 14 inci, desainnya sederhana.


Belakang

Sebagian besar pengguna menilai Honda Brio 2020 tinggi di desain ekor dengan banyak sorotan, sedikit dari Honda Civic, terutama Brio RS. Di atasnya ada spoiler yang terintegrasi dengan lampu rem LED yang eye-catching. Lampu belakang berbentuk blok, memisahkan lampu rem ring berbentuk C. Satu kekurangannya adalah meski segmen harga terdepan seperti versi tertinggi Brio RS tetap menggunakan lampu Halogen saja, bukan LED. Area pelat nomor ditekankan dalam pola sarang lebah heksagonal. Bumper belakang Brio berupa jaring angin palsu juga menggunakan pola honeycomb, bagian bawahnya sedikit sporty.

Warna Honda Brio

Honda Brio 2020 memiliki 6 pilihan warna: Putih, Perak, Emas, Oranye, Magenta, Merah Tua.

PENILAIAN INTERIOR HONDA BRIO 2020




Dibandingkan kompetitornya, ukuran Honda Brio 2020 dinilai paling "mengerikan". Mewarisi kekuatan umum dari "perusahaan mobil induk", model terkecil Honda memiliki ruang interior paling luas di segmennya, bahkan lebih besar daripada beberapa mobil kelas B.


Sistem kursi dan kompartemen bagasi

Kesan pertama saat memasuki kabin Honda Brio 2020 adalah lapang dan lapang. Jika orang sering memiliki banyak kekhawatiran tentang ruang interior ketika datang ke hatchback kelas A, maka Brio dapat mengubahnya.

-> Pilihan Harga Mobil Honda Jazz 50 Jutaan

Kursi baris depan Brio lebar, sandaran kursi pas. Langit-langit mobil terbuka, ruang kaki luas. Kursi belakang Brio ternyata sangat nyaman, kursinya rata, sandaran kepala ada 3 posisi. Posisi duduk tengah cukup baik dibandingkan ruas jalan biasa. Jok Brio sedikit lebih tinggi dari kompetitor, memiliki ruang kaki yang bagus, tidak menyentuh jok depan. Ketinggian plafon baris ini masih lapang. Orang dengan tinggi lebih dari 1,7 meter tidak merasa tidak nyaman.

Kelemahan utama dari Honda Brio adalah banyak pembeli yang kecewa karena Brio versi premium tetap menggunakan hanya jok yang dirasa. Sementara beberapa kompetitor sudah menggunakan jok kulit seperti Kia Morning atau Hyundai i10, meski harga mobil lebih murah. Poin minus ini membuat pembeli mengeluarkan uang lebih banyak untuk menutupi jok kulit Brio agar jok lebih bersih, mudah dibersihkan, serta ruang mobil lebih mewah.


Kompartemen bagasi Honda Brio 2020 juga diapresiasi saat berkapasitas 258 liter. Jok belakang bisa dilipat rata kedua selotip untuk menambah area penyimpanan. Secara detail, jika didesain untuk dilipat dengan perbandingan 6: 4 akan lebih fleksibel.

Area mengemudi

Area berkendara Honda Brio 2020 didesain simpel, praktis, tidak terlalu halus atau terlalu kasar. Roda kemudi Brio 3-spoke, plastik langit-langit, tombol kontrol terintegrasi. Kekurangannya bahkan pada versi RS lingkar kemudi masih belum dilapisi kulit, memberikan kesan agak "inferior", kalah dibandingkan kompetitor seperti Kia Morning, Hyundai i10 atau Vinfast Fadil ... Cluster after the steering wheel. Analog "klasik", hanya menampilkan informasi hitam dan putih, antarmuka tidak semenarik banyak model lain di segmen yang sama. Kelemahan lainnya adalah Honda Brio 2020 tidak dilengkapi dengan smart key & button start, yang jelas fitur yang lebih canggih seperti Cruise Control, electronic handbrake ... tidak tersedia.


Taplo

Desain taplo area pada Honda Brio 2020 sangat diapresiasi. Jika area berkendara terlihat praktis, maka truk taplo memiliki aksen garis yang sporty, menunjukkan lebih banyak investasi dan kehalusan. Sekali lagi Honda Brio membuktikan posisinya sendiri dibanding kompetitor mayoritas. Area Brio taplo memang tidak terlalu berkelas, tapi dibandingkan model lain di segmen yang sama, sangat mewah dan high-end.

Taplo Brio 2020 memiliki banyak kemiripan dengan Honda Jazz "sesepuh", lebih fokus pada pengendara. Taplo dan tappi juga sebagian besar menggunakan bahan plastik keras, namun ada banyak aksennya, sehingga menciptakan balok yang sangat kuat. Taplo dan Brio G tappi memiliki trim perak dan versi RS dengan tepi oranye. Detail kecil yang menunjukkan pabrikan sedikit ekonomis adalah apa pun warna versi RS, batas taplo hanya oranye.


Sistem hiburan

Soal sistem entertainment, Honda Brio 2020 RS dibekali dengan layar sentuh Sony berukuran 6,2 inci yang cukup “bagus”, sedangkan versi G standar masih menggunakan layar standar. Layar sedikit ke atas sementara layar tidak terlindung, terkadang menyebabkan silau jika menghadap ke sinar matahari yang tepat.

Suara mobil dilengkapi 6 speaker. Kendaraan mendukung koneksi dasar Bluetooth, USB / AUX, AM / FM, ponsel pintar ... Khususnya versi Brio RS memiliki tambahan konektivitas Apple CarPlay. Ini merupakan nilai tambah yang besar bagi Brio.


Dari segi kenyamanan, Honda Brio 2020 dilengkapi dengan AC manual, kaca mata elektrik sekali sentuh untuk jok pengemudi, beberapa kompartemen untuk keperluan, charger, spion untuk jok depan ... Pada bagian ini, Brio memiliki kekurangan jika tidak dilengkapi dengan AC otomatis, sedangkan Kia Morning dengan harga lebih rendah tersedia. Mobil tidak memiliki spoiler belakang. Mengenai pengalaman AC mobil yang sebenarnya, beberapa pengguna menilai Honda Brio memiliki pendingin udara yang dalam.

Namun perlu disebutkan bahwa Brio 2020 juga tidak memiliki sandaran tangan sentral untuk jok depan, yang sangat merepotkan. Jika menempuh perjalanan jauh, pengemudi akan mudah lelah. Beberapa pemilik mobil mengatasinya dengan menambahkan kotak penyimpanan sandaran tangan. Kursi belakang Brio juga tidak memiliki sandaran tangan tengah.

PENILAIAN KESELAMATAN HONDA BRIO 2020



Honda Brio 2020 hanya dilengkapi dengan sistem keselamatan termasuk fitur-fitur dasar seperti sistem pengereman anti-lock ABS, sistem distribusi gaya rem elektronik, sistem bantuan rem, 2 kantung udara ... Dibandingkan pesaing lain Di segmen yang sama, Brio terbilang cukup inferior. Karena selain perlengkapan dasar di atas, jika Wigo punya sensor tambahan, i10 punya electronic balance, Morning punya kamera mundur dan Vinfast Fadil punya sederet perlengkapan setara mobil kelas B, Brio cuma 0.


PENILAIAN OPERASI HONDA BRIO 2020


Mesin

Melaju di jalanan, Honda Brio meluncur dengan lembut dan mulus. Layaknya mobil kelas A lainnya, Brio juga menggunakan mesin SOHC single cam, sehingga di negara-negara awal bukaan gas cukup terisi, mobil ini memiliki lompatan. Mesin SOHC dengan akselerasi kecepatan rendah yang baik merupakan pilihan yang masuk akal untuk mobil perkotaan kecil seperti Brio ketika sebagian besar wilayah berada di perkotaan. Ini membantu Brio bergerak secara fleksibel, cukup nyaman di dalam kota.


Keluar ke jalan besar, jelas Honda Brio akan sedikit lemah. Pada jarak kecepatan tinggi, Brio berakselerasi lebih keras. Mobil masih bisa melaju hingga 120 km / jam tapi terlalu kencang dan sedikit kurang percaya diri dengan rasa setirnya. Brio mungkin akan lebih stabil pada kecepatan 70 - 80 km / jam. Dalam fase menyalip, pengemudi harus memiliki perhitungan terlebih dahulu. Dalam mode S, tekan pedal akselerator dalam-dalam, mesin mengaum, mobil memiliki tenaga lebih, mendukung fase menyalip dengan baik serta menaiki operan.

 

Gigi

Gearbox Honda Brio CVT bekerja dengan mulus dan mulus. Namun, terkadang ada kelemahan umum dari gearbox jenis ini yaitu keterlambatan karet gelang sehingga terasa sedikit selip.


Sistem suspensi, sasis

Sistem sasis Honda Brio ditingkatkan lebih kaku. Terlebih segmen belakang mengalami peningkatan kekakuan untuk meningkatkan kestabilan struktur seluruh bodi. Suspensi juga diubah untuk menghadirkan nuansa yang lebih halus, mobil "menelan" benturan kecepatan, dan lubang yang lebih mulus. Saat melaju melalui jalanan bergelombang, bodywork Brio cukup kokoh, dengan sedikit getaran. Kebanyakan ahli menilai Brio memiliki sasis yang bagus.

Kemampuan isolasi suara

Sulit untuk meminta insulasi suara yang baik pada mobil kelas A. Namun, dibandingkan dengan ground umumnya, kemampuan peredaman suara dari Honda Brio sangat bagus. Dalam kisaran kecepatan rendah, mobil ini kedap suara terhadap lingkungan. Jika melaju dengan kecepatan tinggi, terutama di jalan TOL, kabin banyak terjangkit kebisingan bergema dari permukaan jalan, desis angin.


Tingkat konsumsi bahan bakar

Konsumsi bahan bakar Honda Brio 2020 juga cukup mirip dengan mobil kelas A dengan mesin 1.2L lainnya. Secara keseluruhan konsumsi bahan bakar ini juga normal, tidak terlalu mengesankan.



Singkatnya, masalah yang paling mengkhawatirkan saat berdiri di depan Honda Brio mungkin adalah harga jualnya. Banyak yang percaya bahwa harga mobil tersebut mahal karena lebih tinggi dari mayoritas hatchback kecil kelas A lainnya, bahkan setara dengan mobil kelas B. Harga mobil tersebut mahal karena perlengkapannya terbatas, bahkan merugi. beberapa pesaing memiliki harga yang lebih rendah.

Ya, banyak orang yang mengira Honda Brio itu mahal, tapi dengan pembeli yang tepat, yang "mahal" itu tetap worth it. Di Honda Brio, pelarian yang berhasil ditemukan. Mobil kelas A yang murah dengan kepraktisan namun tetap sangat stylish, sangat personal, berkelas, tanpa rasa murahan, tidak tertukar dengan mobil servis. Honda Brio akan menjadi pilihan yang sangat berharga bagi mereka yang mencari kualitas unik di segmen mobil murah.


Comments