Lebih dari 200 tahun sejarah, pembuat mobil Peugeot
Dua tahun lalu, grup mobil terbesar di Prancis, Peugeot, merayakan ulang tahunnya yang ke-200. 200 tahun bisa menjadi jalan sejarah dan banyak pasang surut bagi Peugeot, yang membuat mobil, sepeda motor dan sepeda.
Peugeot adalah merek mobil Prancis yang terkenal, sekarang menjadi bagian dari PSA Peugeot Citroen Group yang berbasis di Paris, Grande Armée Avenue di Prancis. Kembali pada akhir abad ke-19, Peugeot memulai dengan pembuatan sepeda. Dan sepeda Peugeot yang terkenal di dalam dan di luar Prancis-lah yang telah menciptakan peluang bagi perusahaan untuk berkembang menjadi manufaktur mobil.
1. Orang yang melahirkan Peugeot
Armand Peugeot (lulusan sekolah listrik Paris) memperkenalkan sepeda beroda kecil bernama Le Grand Bi pada tahun 1882 dan banyak sepeda lainnya setelah itu. Sepeda Peugeot sangat populer dengan desainnya yang cantik dan unik. Pada saat yang sama, pabrik Peugeot juga mengembangkan mesin dan mobil mobil pertama.
Pada tahun 1926, pabrik sepeda dan mobil dipisahkan untuk beroperasi secara mandiri. Setelah bertemu Gottlieb Daimler dan pecinta kecepatan lainnya, Armand benar-benar yakin dengan kelayakan alat berat tersebut, sehingga dia berkonsentrasi pada penelitian dan desain tanpa dukungan apa pun. rumah tangga dari sisi keluarga.
-> Review Toyota Rush 2019: Pilihan ideal untuk keluarga
Armand memperkenalkan sepeda roda tiga uap pertama, bekerja sama dengan Léon Serpollet, di Pameran Internasional 1889. Mesin ini mendapat banyak perhatian, namun terlalu berat dan besar sehingga Armand dengan cepat digantikan oleh mesin pembakaran internal bensin. Lalu ada mesin diesel. Sukses datang kepadanya dengan dukungan dari keluarganya.
Dalam perjalanan mengubah Peugeot menjadi kerajaan industri terkuat di Eropa, selain sukses, juga terjadi perubahan, eksperimentasi, kesulitan, kreativitas, dan pilihan dengan perubahan arah operasi ke Peugeot. selalu menjadi kelompok industri yang tumbuh terus menerus setiap dekade.
2. Berasal dari sepeda
Merek sepeda Peugeot paling bergengsi dan terbesar di Prancis. Sepeda Peugeot lebih cantik dan awet dibanding merek lain. Yang pertama diproduksi pada tahun 1882 di Beaulieu - diekspor dengan label Peugeot hingga tahun 1980-an ketika kapal kargo ke Amerika Utara dilarang dan hak untuk menggunakan nama merek Peugeot dijual ke ProCycle di Kanada. Di Eropa, mereka masih diproduksi oleh Cycleurope Group di Neuilly meski merek tersebut tidak lagi diizinkan untuk digunakan.
Selain sepeda berbingkai berlian, Peugeot juga memproduksi versi bingkai campuran dari model dan sepeda populer dengan sadel dan pedal ekstra untuk 2 pengendara atau lebih.
Pada tahun 1882, Peugeot memperkenalkan sepeda Grand Bi dengan roda depan besar dan roda belakang kecil. Model ini memiliki setang dan pedal yang dipasang langsung ke poros roda. Namun mengendarai mobil unik seperti itu tidaklah mudah karena saat mengemudi Anda tidak dapat menyentuh kaki Anda di tanah, dan bahkan lebih sulit untuk berdiri kokoh daripada sebuah unicycle dengan roda bantu.
-> Pilihan Harga Mobil 400 Jutaan, Pilih 6 Model Ini
Pada tahun 1886 Peugeot mulai membakukan produksi sepeda dengan ukuran yang sama di Beaulieu. Dan pindah ke pengembangan mesin (awalnya Daimler) dan produksi mobil setelah bertemu Gottlieb Daimler dan Émile Levassor (1888). Dia percaya pada masa depan cerah mobil baru - inovasi hebat yang akan mengubah dunia - setelah banyak uji coba dan konsultasi dengan orang-orang yang berpikiran sama yang memahami nilai mobil, ia bahkan dengan lebih percaya diri memulai produksi model pertama.
Pada tahun 1889, tahun sejarah bagi merek Peugeot karena lahirnya mobil pertama yang dinamai menurut dua penemunya, Armand Peugoet dan Léon Serpollet - seorang spesialis mesin uap. Kendaraan roda 3 ini dipamerkan di Paris International Fair 1889, dalam rangka peringatan 100 tahun Revolusi Prancis.
3. Langkah ke mesin bensin
Kendaraan bertenaga bensin pertama adalah Tipe 2, kendaraan roda empat dengan 2 tempat duduk, yang dikembangkan dari mesin Daimler di pabrik Valentigney pada tahun 1890. Tahun berikutnya, perusahaan Peugeot mengubah namanya menjadi Les fils de Peugeot frères. Pada bulan September, Tipe 2 dikemudikan oleh Gentlemen Rigoulet dan Doriot dalam perjalanan 2.212 km dari Valentigney ke Brest dan kemudian kembali lagi, mencapai kecepatan tertinggi 14,5 km / jam.
-> Pilihan Harga Mobil 200 Jutaan 2020
Pada tahun 1892, Peugeot memproduksi 29 kendaraan yang menggunakan ban karet. Tipe 4 adalah model yang benar-benar unik, unik, dipesan oleh raja Tunisia. Dua tahun kemudian, Peugeot melakukan diversifikasi lini baru, pada saat yang sama memproduksi Type 5 (2-seater), Type 6 dan Type 7 (2-horse 4-wheel car), lalu Type 8 Victoria, Type 9 dan Type. 10. Pada Horseless Carriage Race¬, Peugeot dan Panhard (pabrikan mobil Prancis pada saat yang sama) menggelar juara pertama.
Pada tahun 1895, dengan Tipe 11 (2 tempat duduk) dan Tipe 12. Peugeot terus memenangkan perlombaan Paris-Bordeaux-Paris, pembalap Édouard Michelin mengendarai ban karet Éclair. Tipe 13 diproduksi hanya selama 2 tahun.
4. Mobil Peugeot
Armand Peugeot mendirikan perusahaan mobilnya sendiri Peugeot Automobile pada tahun 1896 di Lille. Dia fokus pada produksi mobil penumpang dan truk, sedangkan produksi mobil kecil untuk keponakannya Pierre, Robert, dan Jules di perusahaan keluarga (Les fils de Peugeot frères).
Tipe 14 muncul pada musim panas 1896, model pertama yang menggunakan mesin 2 silinder horizontal dari Michaux. Akibatnya, mesin Daimler tidak lagi digunakan oleh Peugeot.
Pada tahun 1897, Armand membangun pabrik mobil (luas total 50.000 m2) di Audincourt di wilayah Doubs. Dan pabrik lain di Fives-Lille di utara Prancis. Di sana, ia membangun mesin 2-silinder horizontal dan menyempurnakan sejumlah mobil lain seperti tipe 14, 15, 16, Tipe 17 mikro, dan Tipe 18 (8 kursi). Kendaraan Armand sekarang dapat menggunakan ban dan tabung pneumatik Michelin sebagai pengganti ban padat lama. Tahun berikutnya, portofolio kendaraan Armand Peugeot terus berkembang dengan Type 21 menjadi 25. Peugeot mempresentasikan model ini di Paris Motor Show pertama pada Juli 1898.
Pada tahun 1899, portofolio mobil Peugeot dikemas dalam 15 model dengan 2 hingga 12 garis kursi dan berat antara 720 dan 1250 kg. Yang paling umum adalah Tipe 15. Roda 3 diproduksi di pabrik Beaulieu.
1901, Tipe 36 - gerbong convertible 2 roda 3 tempat duduk dan 4 tempat duduk menggunakan mesin silinder lurus baru. Itu adalah mobil Peugeot pertama dengan kap mesin. Tandai transisi ke transmisi tanpa roda. Bersamaan dengan kemunculan sepeda motor ringan berkekuatan 1,5 tenaga kuda, Peugeot mendorong produksi kendaraan 4 silinder pertamanya. Semuanya dipajang di Pameran Paris.
5. Pemulihan yang kuat setelah perang
Selama Perang Dunia II, pabrik Peugeot terpaksa memproduksi kendaraan dan senjata untuk tentara Jerman. Ketika perang berakhir, sebagian besar fasilitas dihancurkan oleh bom. Pada tahun 1948, perusahaan tersebut baru saja merestorasi dan memproduksi ulang dengan model baru 203. Ini adalah awal dari periode ketika Peugeot bersalaman dengan perusahaan desain mobil terkenal Italia, Pininfarina, kesuksesan model yang dibuat oleh Pininfarina. Desain tersebut mendorong Peugeot untuk melebarkan sayap ke pasar AS pada tahun 1958. Pada titik ini, Peugeot telah menjalin kemitraan dengan banyak pabrikan lain seperti Renault (1966) dan Volvo (1972).
Pada tahun 1974, Peugeot mengakuisisi 30% saham Citroën dan kemudian mengambil kendali selama dua tahun dan mengubah namanya menjadi PSA (Peugeot Societe Anonyme). Berdasarkan aliansi ini, Peugeot dan Citroën dapat berbagi teknologi teknis tetapi tetap independen desain.
Grup PSA terus berkembang dengan mengakuisisi divisi Chrysler Eropa pada tahun 1978. Namun, kesepakatan itu tidak efektif karena sebagian besar fasilitas dan mesin di cabang ini sudah tua. Dengan penurunan penjualan, Peugeot memutuskan untuk menghentikan produksi model di divisi ini, kecuali model Arizona yang kemudian berganti nama menjadi 309. Selama tahun 1990-an, Peugeot mengalami beberapa masalah. kesalahan dalam tata kelola perusahaan. Rangkaian produk saat ini ditargetkan untuk segmen pasar yang lebih premium. Peugeot telah mengembangkan banyak model baru bersamaan dengan model klasik seperti Seri 200, 300, 400, dan 600.
Comments
Post a Comment