Review Toyota Corolla Altis 2019

 Review Toyota Corolla Altis 2019

Pada upgrade terbaru, Toyota Corolla Altis 2019 diubah desainnya agar lebih dekat dengan konsumen anak muda, sekaligus menambahkan beberapa fasilitas hiburan.

1. Bagian luar

Desain Altis baru disempurnakan dengan rapi dan lebih sporty, berbeda dari fitur-fitur rumit dari pendahulunya. Hasilnya, sedan tersebut kini lebih mudah menjangkau pelanggan yang lebih muda daripada model tradisional paruh baya.


Lampu depan yang diasah ke samping, disambung ke gril dengan palang krom, rongga udara, dan bumper depan tampak lebih kokoh berkat urat berwarna gelap. Di belakang, lampu belakang sedikit di-tweak, versi Sport menambahkan buntut spoiler dan diffuser di bawah mobil.
Kedua versi 2.0V menggunakan lampu depan LED berbentuk proyektor, yang secara otomatis menyeimbangkan sudut proyeksi dan mengintegrasikan lampu LED siang hari. Tiga versi 1.8 adalah lampu depan halogen konvensional. Dilengkapi sebagai lampu belakang LED standar, kaca spion lipat / dapat disetel dengan indikator belok. Versi tertinggi 2.0 V Sport adalah spion otomatis terlipat dan menyesuaikan diri saat dibalik.


Selain itu, satu lagi detail yang membedakan 5 versi tersebut adalah roda. Versi terendah dari 1.8 MT adalah roda multi-spoke 15 inci, 2.0 V dan 1.8 G adalah jari-jari 16 inci, sedangkan Sport 2.0 V tertinggi dan 5-spoke 17 inci dicat dalam 2 warna.
Toyota Altis 2018 memiliki dimensi keseluruhan Panjang x Lebar x Tinggi 4.620 x 1.775 x 1.460 (mm), jarak sumbu roda 2.700 mm serupa dengan model kelas C lainnya. Namun, ground clearance 130 mm agak terbatas jika jalanan buruk. Radius putar balik pada 5,4 m - cukup baik untuk dikelola di kota pada ujung jangkauan.

2. Mebel

Toyota adalah produsen mobil langka yang mengumumkan dimensi ruang interior kendaraan. Hal ini menunjukkan bahwa pembuat mobil Jepang sangat yakin dengan kelapangan produknya, keunggulan khas dari lini Toyota dibandingkan dengan pesaingnya.



Secara spesifik, kabin Altis memiliki dimensi Panjang x Lebar x Tinggi 1.930 x 1.485 x 1.205. Dari segi lebar - tinggi kusen pintu depan dan belakang sama-sama sedikit lebih tinggi dari Mazda 3, membuat keluar masuk lebih mudah. Selain itu, meski memiliki jarak sumbu roda yang sama, ruang kaki di baris kedua di Altis hingga 1.021 (mm), kira-kira beberapa nama di segmen D. Ditambah lagi, desain lantainya benar-benar datar sehingga orang yang duduk di antara punggung selalu nyaman. Area ini cocok untuk 3 orang dewasa dengan ketinggian 1m7 - 1m75.


Pada area dashboard, Toyota merevisi beberapa detail seperti rongga udara melingkar pada rotor, sistem tombol yang tertata rapi, dan bahan disesuaikan dan mencapai finishing yang lebih baik. Pelanggan akan mendapatkan 2 pilihan tone warna: hitam dan emas krem.
Roda kemudi pada kulit palang 3 Altis, kontrol audio terintegrasi, dan komunikasi handsfree. Kecuali untuk versi MT, versi yang tersisa telah menambahkan stasiun otomatis Cruise Control. Varian tertinggi 2.0 V Sport dilengkapi paddle shift pad belakang.

3. Fasilitas rekreasi

Setidaknya pada Altis 1.8 E MT, pelanggan akan memiliki CD 1-disc, mendukung musik Raido AM / FM, MP3 / WMA / ACC, konektivitas USB / AUX / Bluetooth dan handsfree talk, audio 4-speaker. Lebih tinggi di Altis 1,8 E CVT dan 1,8 G CVT adalah pemutar DVD, layar sentuh 7 inci dan audio cluster 6-speaker dengan konektivitas HMDI tambahan. Terakhir, dua versi 2.0 V menambahkan kemampuan perintah suara modern.


Versi 2.0 V dan 1.8G memiliki pengatur AC otomatis satu zona, Altis 1.8 E, meski dibandrol lebih dari 700 jutaan, tetap harus menggunakan kenop mekanik konvensional untuk mengatur angin atau tingkat panas dan dingin. Selain itu, poin minus utama Altis adalah tidak adanya pintu angin untuk kursi belakang.
Dengan harga bergulir lebih dari 1 miliar VND, Altis 2.0 Sport menambahkan wiper hujan otomatis, kaca depan pintu belakang manual, kaca spion internal anti-silau otomatis, dan tombol start (termasuk versi 2.0 V). Namun jika dibandingkan dengan Honda Civic atau Mazda 3 sedan 2.0, Altis 2018 masih terbilang kalah ketika tidak memiliki sunroof, electronic handbrake atau hanya pintu kaca one touch up / down. Kompartemen bagasi mobil memiliki kapasitas standar 470 liter.

4. Mesin - Keamanan



Di bawah kapo masih ada dua blok mesin 1.8L dan 2.0L dengan gearbox manual dan gearbox CVT.
Secara khusus, versi Altis memiliki dua parameter keluaran sebagai berikut:
• Mesin 3ZR-FE - 1.987 cc, sistem koordinasi katup cerdas variabel Dual VVT-i: kapasitas maksimum 143 hp pada 6.200 rpm, torsi maksimum 187 Nm pada 3.600 rpm.
• Engine 2ZR-FE - 1.798 cc, sistem koordinasi katup cerdas variabel VVT-i ganda: kapasitas maksimum 138 hp pada 6.400 rpm, torsi maksimum 173 Nm pada 4.000 rpm.
Semua versi Altis 2019 memiliki mode Sport yang memungkinkan mesin menyesuaikan sensitivitas throttle dengan lebih sensitif, sehingga menghadirkan lebih banyak "volatilitas" bagi pengemudi.
Dari segi keselamatan, mobil Toyota C-class ini mendapat sertifikasi keselamatan bintang 5 dari ASEAN NCAP berkat daftar perlengkapan yang seragam di semua versi. Apakah mobil itu 700 juta atau lebih dari 900 juta, setiap pelanggan akan memiliki 07 airbag, sistem pengereman anti-lock ABS, sistem distribusi tenaga rem elektronik EBD, sistem bantuan rem darurat BA, sistem keseimbangan elektronik VSC, sistem kontrol traksi TRC, GOA sasis dan struktur kursi mengurangi cedera leher.
Apalagi dengan kamera belakang yang terintegrasi di kaca spion hanya akan muncul di Altis 2.0 V Sport, begitu juga dengan spion samping akan otomatis miring sehingga pengemudi bisa "menyelaraskan" lebih mudah.
Kesimpulannya, Toyota Corolla Altis 2019 akan tetap menjadi mobil yang laris di segmen C berkat ubahan tampilan yang positif, dilengkapi fitur kenyamanan dan keselamatan selain tersedia keunggulan kelapangan. , tahan lama, kinerja ekonomis dan faktor merek yang sangat khas. Namun, agar Toyota bisa mendapatkan kembali posisi terdepannya seperti semula, faktor ekonomi sudah pasti menjadi penghalang, ketika pesaing masih sangat kuat untuk menerapkan harga yang sangat menarik untuk memikat pelanggan.

Comments