review mazda 3 2020: Sedan kelas C bernilai uang

review mazda 3 2020: Sedan kelas C bernilai uang

Meski segmen sedan kelas C kurang “galak” seperti mobil kelas B, hal tersebut juga diperhatikan oleh produsen mobil. Nama-nama seperti Mazda 3, Toyota Corolla Altis, Honda Civic, Ford Focus, Hyundai Elantra, Kia Cerato atau satu-satunya model Jerman, Volkswagen Jetta, menjadi wajah paling khas untuk segmen C di Indonesia.

1. Eksterior




Mazda 3 2020 memiliki warna cat baru yang lebih cantik, Sedan 3 warna sedangkan Sport 4 warna cat. Baik Mazda 3 2020 Sport maupun sedan memiliki dimensi yang sama dengan panjang 4460mm, lebar 1795mm, jarak sumbu roda 2725mm. Namun, Mazda 3 2020 Sport lebih rendah 5mm dari Sedan (1435 / 1440mm), dengan kompartemen bagasi berkapasitas 334 liter (Sedan 450 liter).

Jarak sumbu roda dari semua 10 versi adalah 2.725 mm untuk ruang interior yang relatif luas dan radius putar minimum 5,3 meter. Ground clearance 145 mm tidak terlalu rendah, membuat Mazda 3 lebih leluasa saat menghadapi jalanan yang buruk.

-> Review Range Rover Evoque 2020

Memasuki generasi baru Mazda 3 2020 tidak menggunakan desain front end seperti sebelumnya, melainkan berbentuk berbeda namun tetap mempertahankan garis yang khas. Misalnya Mazda 3 Sedan menggunakan pinggiran gril berlapis krom, versi Sport berbahan plastik gelap. Bumper sedan memiliki strip LED tambahan, dicat dengan warna bodi yang sama, tetapi Sport tidak memiliki lampu strip LED dan bumper bawah dicat berbeda.

Berdasarkan sudut pandang seni modern "Less is more - Less is more", desain bodi produk generasi baru telah direduksi menjadi satu baris, namun tetap menciptakan rasa semangat dan keaktifan. Bola lampu berubah seiring waktu dan sudut pandang pada kendaraan, memberikan efek visual: kendaraan bergerak terus menerus bahkan saat masih berdiri.

Bodinya dilengkapi dengan kaca spion eksternal yang dicat dengan warna bodi yang sama, dengan penyetelan elektrik, lipat elektrik, lampu indikator belok terintegrasi. Versi mesin 1.5L menggunakan roda 16 inci dengan ban 205 / 60R16. Sedangkan versi mesin 2.0L dibekali roda 18 inci dengan ban 215 / 45R18.

Lampu belakang kedua versi didesain dengan dua cincin LED cantik, memanjang dan menggesek bodi. Ini merupakan perbedaan besar dibandingkan versi sebelumnya, lampu belakang baru memiliki desain yang lebih panjang dan tajam. Lampu depan LED dengan cermin dipadukan dengan lampu LED siang hari dengan desain seperti "kelopak mata", menciptakan gugusan lampu yang sangat menyentuh jiwa.

Palka belakang versi hatchback juga dibekali buntut spoiler standar untuk menambah kesan sporty. Ketiga versi tersebut juga dilengkapi dengan lampu rem ketiga yang terintegrasi di bagian belakang, meningkatkan efisiensi pengenalan pengereman untuk kendaraan di belakang.

-> Rekomendasi Mobil Harga 100 Jutaan ke Bawah

Secara umum, Mazda 3 memiliki desain yang lebih muda dan modern serta sedikit lebih sporty dibandingkan dengan Corolla Altis lawas. Hyundai Elantra atau Kia Cerato juga memiliki gaya dinamis seperti Mazda 3.


2. Mebel



Dalam hal ruang interior, desain Mazda menekankan faktor "void" yang khas dalam arsitektur taman tradisional Jepang untuk membuat keseluruhan struktur menonjol dan istimewa. Berdasarkan faktor ini, desain produk Mazda generasi baru disempurnakan dan disederhanakan, menghilangkan detail yang berlebihan untuk menciptakan ruang yang lapang di sekitar posisi mengemudi.

-> ilihan Harga Mobil Bekas Xenia Dibawah 100 Juta

Dasbornya menampilkan desain modern bergaya Eropa dengan layar tengah vertikal, tombol yang diminimalkan, dan kontur pahatan halus yang menyeimbangkan keduanya. unsur sporty dan mewah. Warna merah pada kulit interior (hanya pada versi Sport) juga muncul pertama kali pada Mazda 3, yang hanya terlihat pada mobil mewah Mercedes-Benz atau Jaguar. Kemudi Mazda 3 2020 dilapisi dengan bahan kulit dan desain palang 3 yang sporty, dapat disesuaikan 4 arah, dan terintegrasi dengan tombol kontrol audio, percakapan handsfree, cruise control, dan sakelar gigi di belakang roda kemudi. .

Di belakang roda kemudi terdapat jam tangan dengan antarmuka desain modern dan sporty. Di belakang roda kemudi versi 2.0L juga dilengkapi dengan layar HUD ADD untuk visibilitas langsung, memberikan informasi paling penting, meminimalkan waktu untuk mengawasi setir, membantu pengemudi untuk berkonsentrasi lebih baik. Kursi pengemudi pada Mazda 3 versi 2.0L dilengkapi dengan fungsi elektrik, dua versi lainnya hanya dilengkapi dengan kursi pengemudi manual. Namun, semua versi memiliki interior kulit yang mewah dengan jok yang sporty dan sandaran punggung yang lebih baik. Kursi penumpang lainnya dapat diatur secara manual dalam 4 arah.

Kursi belakang di ketiga versi tersebut dilengkapi dengan 3 sandaran kepala dan sandaran tangan tengah dengan cup holder terintegrasi. Deretan kursi ini juga bisa dilipat dengan rasio 60:40, membantu memperluas ruang kompartemen bagasi saat berbelanja atau perlu mengangkut barang yang panjang.

3. Mesin



Mazda 3 versi 2020 dilengkapi dengan sistem hiburan yang sama dengan pemutar DVD terintegrasi dengan layar sentuh 8,8 inci, dapat memutar format audio radio dan Mp3, dilengkapi dengan AUX, port koneksi USB , Bluetooth dengan Apple Carplay dan integrasi Android Auto. Tombol kontrol pusat Mazda Connect akan membantu pengemudi dan penumpang sebanyak mungkin saat mengoperasikan sistem hiburan. Sistem ini memiliki desain yang mirip dengan pabrikan mobil Eropa, menciptakan segmen yang modern dan lebih mewah daripada banyak pesaing di segmen tersebut.

Sistem AC otomatis juga meningkatkan kenyamanan Mazda 3. Namun, konsol mekanis dan spoiler jok belakang yang terintegrasi, membuat model ini kehilangan poin dibanding kompetitor di segmen yang sama.

Selain itu, Mazda 3 bisa dibilang sebagai model dengan perlengkapan paling nyaman di segmennya, mendekati sedan kelas D. Perlengkapan lain bisa disebut sebagai sistem tombol start dengan tombol terintegrasi. Kaca spion dalam anti silau otomatis yang cerdas, pelindung matahari yang dilengkapi cermin, dan sunroof.


4. Operasi - Keamanan



Mazda 3 dibangun di atas platform SkyActiv, sehingga kinerjanya dioptimalkan dengan baik dengan sinkronisasi antara mesin, sasis, bodi, dan gearbox. Dua konfigurasi mesin pada Mazda 3 memiliki kapasitas sedang, keseimbangan antara tenaga dan efisiensi.

- Mesin SkyActiv-G 1.5L untuk kapasitas maksimum 110 tenaga kuda pada 6000 rpm dan torsi maksimum 144 Nm pada 4000 rpm.


- Mesin SkyActiv-G 2.0L menghasilkan kapasitas maksimum 153 hp pada 6000 rpm dan torsi maksimum 200 Nm pada 4000 rpm.


Semua mesin 4-silinder 16-katup DOHC. Hadir dengan dua konfigurasi mesin yaitu transmisi otomatis 6 percepatan, ringan, cepat, waktu perpindahan gigi halus dan mengurangi konsumsi bahan bakar.


Mesin 1.5 Mazda 3 agak lebih lemah dari 1.5 pada Focus (karena turbocharged) hingga 180 tenaga kuda. Namun, mesin 2.0 Mazda lebih besar 10 hp dari Corolla Altis dan mirip dengan Elantra atau Cerato. Selain itu, versi Elantra Sport memiliki mesin 1,6 liter namun bertenaga hingga 204 tenaga kuda yang ditujukan bagi mereka yang menyukai kendaraan bertenaga dengan harga terjangkau.

Selain itu, Mazda 3 juga dilengkapi dengan berbagai teknologi pendukung operasi modern seperti i-Stop intelligent engine stop / start system, sistem kontrol akselerasi G-Vectoring Control. Sistem ini akan menilai perilaku dan respon pengemudi, sehingga memberikan koordinasi akselerasi untuk membantu pengemudi lebih cepat dan akurat. Selain itu, Sport Mode juga meningkatkan kemampuan pengemudi untuk merasakan umpan balik mesin yang lebih bertenaga dan menentukan.


Dalam hal sistem keselamatan, all-new Mazda3 dan Mazda3 Sport duo memiliki tujuh airbag, termasuk airbag lutut untuk semua versi - satu-satunya standar keselamatan yang unggul di segmen C saat ini. Sistem pendukung keamanan aktif cerdas I-Activesense dilengkapi pada duo Mazda3 dan Mazda3 Sport dengan fitur unik yang tersedia di segmen C seperti pompa bensin otomatis terintegrasi dengan radar (MRCC), bantuan rem. Intelligent Dynamic (SBS), kontrol jalur dan tahan, peringatan titik buta, dan banyak lagi. Perlengkapan keamanan lainnya meliputi:


• Sistem pengereman anti-lock ABS


• Sistem distribusi tenaga rem elektronik EBD


• Sistem mendukung BA gaya rem darurat


• Mendukung keberangkatan curam HLA


• Sistem keseimbangan elektronik DSC


• Sistem kontrol traksi anti selip TCS


• Lampu rem darurat ESS


• Sistem alarm anti-pencurian dan kunci pintu otomatis saat beroperasi


• Pengingat sabuk pengaman kursi depan


• Kamera mundur


• 4 airbag untuk versi mesin 1.5L dan 6 airbag untuk versi mesin 2.0L


Untuk saran detail dan dapatkan harga mobil Mazda terbaik nasional, silahkan hubungi:


5. Penilaian umum

Terlihat bahwa Mazda 3 2020 sangat layak untuk dipertimbangkan bagi mereka yang mencari mobil yang melayani beragam kebutuhan perjalanan baik individu maupun bekerja dengan fasilitas yang lengkap, kemampuan untuk beroperasi. Stabil dan menyukai merek Jepang tetapi tidak menghargai kekuatan mobil.

Comments